Manfaat Kacang

Segunung Manfaat Kacang Bagi Kita

Ada kabar yang mengatakan setelah memakan sebiji kacang, muncul 30 menit pemikiran serius. Kabar ini bisa diperdebatkan kebenarannya, tapi asal tahu saja, kacang adalah sumber protein dan vitamin B yang bisa membantu mencegah kelelahan otak.

Dari setiap gigitan kacang, kita bisa mendapat energi lebih untuk menjalani aktivitas yang dinamis. Selain protein, kacang juga menyimpan banyak vitamin dan mineral. Termasuk vitamin E, niasin, thiamin, tembaga, fosfor, magnesium dan zat besi. Kacang tanah juga lebih banyak mengandung protein dibandingkan kacang lainnya.

Secara alami, kacang tanah adalah makanan yang bebas kolesterol dan baik untuk jantung. Ada studi yang menunjukkan bahwa 2-3 porsi kacang setiap hari akan membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat, tanpa menurunkan HDL alias kolesterol baik.

Kacang juga memiliki kombinasi unik dari serat, lemak tak jenuh tunggal, dan lemak tak jenuh ganda. Kandungan ini bisa membantu Anda merasa lebih cepat kenyang.

Penting juga diketahui, satu porsi (25 gram) kacang tanah mengandung lebih banyak serat daripada semangkuk nasi merah atau makanan ringan lainnya. Dengan fakta ini bisa disimpulkan bahwa kacang bisa membantu menurunkan berat badan serta mengontrol gula darah.

  • Anti-serangan jantung, TBC, diabetes dan kanker

Makan kacang ternyata bisa menurunkan resiko serangan jantung. Setelah memakan 1-3 ons kacang, kita bisa terhindar dari penyakit kardiovaskuler hngga 21 persen. Hal ini karena kacang mengandung lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh dalam darah yang lebih tinggi dari lemak jenuh akan mampu memperbaiki kesehatan jantung.

Tak cuma kesehatan jantung, kacang juga mengandung zat arginine yang mampu melindungi tubuh dari serangan tuberkolosis atau TBC. Kacang juga mengandung phyto-chemical dan anti oksidan yang bisa menurunkan resiko kanker. Manfaat yang tak kalah besarnya adalah kandungan glisemik yang rendah dibandingkan makanan lain, sehingga penggemar kacang akan terhindar dari diabetes.

  • Mengandung vitamin dan mineral

Berbagai penelitian menyebutkan kacang mengandung vitamin B6, E, asam folat serta mineral seperti magnesium, copper, zing dan selenium. Dengan demikian, kacang mengandung separuh dari 13 vitamin dan 35 persen mineral penting untuk pertumbuhan dan kesehatan.