Kacang Di Indonesia

Mengenal Kacang di Indonesia

Beberapa sumber menyebutkan, kacang tanah dibawa ke Indonesia oleh para penjelajah Spanyol. Mereka membawa bibit kacang dari Meksiko ke Indonesia melalui Filipina. Tanaman ini kemudian dibudidayakan di berbagai wilayah, dari Sumatera, Jawa hingga Sulawesi. Kacang pun menjadi tanaman favorit petani Indonesia karena gampang tumbuh dan nilainya tinggi.

Di Indonesia, kacang biasa menjadi camilan setelah dipanggang, digoreng atau direbus. Bubuk kacang juga populer sebagai campuran saus gado-gado, sate, dan beberapa hidangan lain. Camilan kacang pun menjadi bagian dari aktifitas sosial orang Indonesia. Kita biasa melihat kacang sebagai hidangan untuk menemani obrolan santai, rapat, hingga begadang. Belakangan, kacang juga menjadi teman wajib saat menonton pertandingan sepakbola, olahraga terpopuler.

Secara tradisional, kacang biasanya dijual dalam keadaan sudah dikukus atau direbus berikut kulitnya. Terkadang ditambah sedikit garam sebagai penambah rasa gurih. Kacang yang dijual di toko-toko kebanyakan dipanggang atau digoreng tanpa minyak (sangrai).