Pelestarian Lingkungan

PT Dua Kelinci bukan sekedar mengutamakan bisnis semata. Perusahaan juga berkomitmen memberi kontribusi ke lingkungan alam dan sosial.

Perhatian pada lingkungan menjadi salah satu prioritas kepedulian Dua Kelinci. Seperti diketahui, kepedulian pada lingkungan terus meningkat seiring merosotnya daya dukung bumi. Untuk itu, Dua Kelinci terus melakukan aksi kepedulian lingkungan seperti menekan polusi air, mengolah limbah dengan bijak, serta penghematan energi dan emisi.

Berikut beberapa aksi tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) Dua Kelinci :

  • Konservasi Air

Konservasi air merupakan bagian dari program lingkungan CSR Dua Kelinci. Program ini berupa terobosan untuk mengurangi pemakaian air sekaligus melindungi air tanah.

Seperti diketahui, air sangat dibutuhkan dalam proses produksi kacang antara lain untuk pencucian. Limbah air dari setiap tahap pencucian Dua Kelinci akan disalurkan ke kolam filtrasi sehingga air dapat didaur ulang dan digunakan kembali.

Kualitas air hasil filtrasi ini telah teruji dengan indikasi antara lain ikan-ikan dapat hidup dengan sehat di kolam penamoungannya. Adapun endapan tanah organik dari filtrasi akan didaur ulang kembali ke tanah

  • Manajemen Limbah

Proses pengolahan kacang kulit menghasilkan limbah tanah dan limbah organik. Limbah ini dikembalikan dan disebarkan ke tanah dengan cara sedemikian rupa sehingga tidak mencemari tanah dan tetap bermanfaat bagi lingkungan.

 Setiap tiga bulan sekali instansi yang berwenang akan menguji lokasi di mana sedimen tanah dari kolam filtrasi disebarkan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa sedimen tersebut tidak berbahaya bagi tanah dan sumber air tanah.

Perusahaan juga berupaya optimal untuk mengurangi semua bentuk limbah dari proses pengemasan dan operasional kantor. Untuk itu dilakukan perbaikan proses kerja, pelatihan karyawan, dan pada umumnya membudayakan semangat “kantor dengan pemakaian lebih sedikit kertas”.

  • Hemat Energi

Program hemat energi dijalankan mulai dari proses hulu produksi. Dua Kelinci mengurangi penggunaan batubara dalam proses pemasakan dan menggantinya dengan pemanfaatan energi CNG (Compressed Natural Gas). Pilihan ini  mengurangi emisi karbon secara signifikan.

Pemasangan lampu hemat energi di seluruh area pabrik, kantor, perumahan, dan bangunan juga dilakukan untuk menghemat biaya dan mengurangi pemborosan energi.

Agenda lebih penting lagi adalah membangun kesadaran karyawan tentang pentingnya konservasi energi dan perilaku hemat energi melalui hal-hal sederhana. Perilaku hemat energi itu seperti mematikan lampu atau alat listrik lainnya bila tidak diperlukan, dan sebagai gantinya mengoptimalkan cahaya dari ventilasi alami mengikuti desain bangunan.